Penyebab mobil golf car matic tidak bisa jalan

Baik pada kali ini saya akan menuliskan artikel penyebab mobil golf car matic tidak bisa jalan yang sehingga kita tidak dapat menjalankan atau mengendarai mobil golf car matic tersebut.
Sebelum kita memvonis mobil golf car itu benar-benar tidak bisa jalan sebaiknya kita perhatikan beberapa faktor yang harus kita perhatikan seperti :

Melihat tombol switch tow and run yang biasanya berada di bawah jok dekat dengan posisi battery atau accu. Pastikan tombol switch tersebut berada di posisi run, agar kelistrikan arus utama mobil golf car itu berfungsi. Setelah itu pastikan kunci kontak berada di posisi On bukan sebaliknya atau off. Kemudian kita bisa melihat level dari indikator battery mobil golf car yang terletak di dasboard mobil golf car. Apabila posisi indikator battery berada di posisi Full atau Half, mobil golf car tersebut biasanya masih bisa gunakan untuk di kendarai. Apabila semua faktor di atas yang saya sebutkan tadi sudah kita perhatikan dan mobil golf car kita tidak mau jalan maju atau mundur, coba kita perhatikan faktor lainnya seperti pengukuran Voltase battery menggunakan alat multitester yang bisa kita beli di toko-toko elektrik. Apabila mobil golf kita menggunakan DC Motor 36 Volt dan menggunakan battery atau accu 6 Volt sebanyak 6 buah kita bisa melakukan pengecekan tiap battery dengan menggunakan multitester, yang dimana posisi battery atau accu per buah harus berada di voltase 6 volt dari masing-masing battery atau accu. Apabila dari salah satu battery atau accu yang kita ukur menggunakan multitester berada di bawah voltase 6 Volt berarti battery tersebut bisa kita katakan drop atau lemah. Sehingga apabila kita melakukan pengukuran keseluruhan battery atau accu mobil golf car tadi akan berada di bawah posisi 36 Volt yang akan menyebabkan mobil golf car kita tidak bisa hidup atau mati untuk dijalankan. Begitupula sama juga dengan mobil golf car yang menggunakan DC Motor 48 Volt yang biasanya menggunakan battery atau accu 8 Volt sebanyak 6 buah atau bisa juga menggunakan battery atau accu 12 Volt sebanyak 4 buah.Yang dimana cara pengukuran menggunakan multitester sama dengan battery 6 Volt. Kita harus pastikan apabila kita menggunakan battery atau accu 8 Volt maka masing-masing battery. 
Battery atau accu harus berada di voltase 8 begitu pula dengan menggunakan battery atau accu 12 Volt masing-masing battery harus berada pada level 12 Volt untuk tiap tiap battery atau accu.Setelah kita cek semua battery atau accu menggunakan multitester selanjutnya kita bisa memperhatikan dan mengecek sambungan masing-masing kabel battery atau accu yang terhubung melalui kutub negatif dan positif di atas body battery atau accu mobil golf car milik kita. Pastikan setiap kabel battery atau accu terhubung dengan rangkaian seri pada battery atau accu serta posisi kabel yang terhubung ke kutub baut battery terpasang secara kuat dan tidak kendor. 

Selanjutnya kebersihan dari kutub kutub baut battery atau accu harus bersih dan terbebas dari kotoran atau korosi yang biasanya timbul akibat kita tidak melakukan pembersihan secara berkala pada battery atau accu. Cara menghilangkan korosi dan kotoran pada kutub baut battery atau accu bisa kita bersihkan dengan cara menyiramnya dengan air panas dan menggunakan sikat kawat untuk melakukan pembersihan pada kutub baut battery atau accu yang terkena korosi.

Penyebab mobil golf car matic tidak bisa jalan

Penyebab mobil golf car matic tidak bisa jalan adalah kurangnya maintenance dan service yang dilakukan pada mobil golf car milik kita. Salah satu maintenance yang wajib kita perhatikan secara berkala adalah level air battery atau accu mobil golf car kita. Banyak ditemukan penyebab kerusakan mobil golf itu di akibatkan kurangnya pengecekan air accu atau battery yang berada di bawah level air accu atau battery dari yang seharusnya ditentukan. Inilah yang dapat menyebabkan beberapa kerusakan part elektrik seperti motor controller unit. Selanjutnya penyebab kerusakan atau mati mobil golf car kita ada cara pengecasan atau charging yang tidak benar, seperti melakukan pengecasan menggunakan kabel rol berjenis serabut yang dapat menyebabkan kabel tersebut meleleh dan bisa menyebabkan charger mobil golf car kita rusak atau mati. Selain itu posisi pemasangan socket charger ke receptacle tidak dalam keadaan posisi Plug atau hanya masuk setengah. Selanjutnya penyebab lainnya adalah tidak pernah mengganti oli gearbox secara berkala yang dapat menyebabkan oli gearbox pada golf car kita menjadi aus dan kering yang dapat merusak gearbox mobil golf kita.

Demikianlah artikel penyebab mobil golf car matic tidak bisa jalan ini saya buat, apabila anda mempunyai kendala atau masalah dengan mobil golf jangan sungkan untuk hubungi kami untuk perbaikan ataupun service mobil golf car anda agar dapat berjalan secara normal dan bekerja lagi 
seperti sedia kala. semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. 
   

Komentar

  1. Kalau mundur bisa maju tidak bisa kerusakan pada apanya ya pak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengendarai mobil golf car

DAFTAR HARGA MOBIL LAPANGAN GOLF BARU-SECOND YAMAHA DI INDONESIA TAHUN INI